Pengikut

Golden Sunrise Di Puncak Gunung Sikunir, Subhanalloh

Golden Sunrise, Gunung Sikunir, Foto Gunung Sikunir
Golden Sunrise G. Sikunir

Gunung Sikunir, Pertama terdengar sangat tidak familiar dan sangat asing di telinga saya. Pertama kali saya tau karena saya hanya ingin sekedar mencari di tempat simbah Google manakah Gunung2 di sekitar Jawa Tengah dan DIY yang memiliki keindahan dan ketinggian yang lumayan.

Setalah Berkali-kali Browsing ternyata muncul kata Gunung Sikunir, setelah saya baca ternyata Gunung tersebut berada di Jwa Tengah, tepatnya di Dieng dan lebih detailnya lagi berada di Desa Sembungan Dieng (Desa tertinggi di Pulau Jawa). Di desa tersebut adalah Pos Terakhir Pendakian Gunung Sikunir.
Kali ini saya hanya ingin sedikit berbagi cerita omong kosong yang sangat tidak penting ketika berada di Gunung Sikunir, namun mudah-mudahan dapat bermanfaat buat Agan's semua. hehehe..

Gunung Sikunir, Foto Puncak Gunung Sikunir, Dieng
Puncak G. Sikunir Pagi Hari
Buat teman2 yang suka jalan2 atau berwisata atau juga yang suka Berpetualang Naik Gunung ke Gunung (hehe..salut saya)  ini ada sedikit info jika teman2 semua ingin berkunjung ke Puncak Gunung Sikunir. Pada waktu itu saya beserta rombonga berangkat dari Jogja pukul 12.30 WIB dengan Motor untuk langsung ke Kota Wonosobo. Setelah kira2 jam 16.30 kami sampai disana kami lanjut ke Dieng dan kami mencari Desa Sembungan yaitu Pos Pendakian Gunung Sikunir (info dari mas2 penjaga TPR). Kalau sudah sampai di pertigaan Pos Ojek Wisata Dieng atau Kejajar langsung saja ambil kiri dan ikuti jalan, hanya ada satu jalan gan's. Dari Pos Ojek tersebut jarak ke Desa Sembungan sekitar 7km atau 20 menit, nanti pasti melewati pembangkit listrik tapi jangan masuk kesitu coz ada larangannya..xixixi.
Setalah sampai di Sembungan pukul 17.30 kami istirahat sebentar, Jika teman2 sudah sampai di Desa sembungan lanjut saja menyusuri desa tersebut dengan motor menuju Lap. Sepak Bola kalau kurang paham tanya Warga Sembungan dimana lapangan pendakian G. Sikunir (kira2 perjalanan 10 menit dari Desa tersebut dengan motor) . Sesampainya Di Lap. tersebut banyak banget temen2 yang sudah mendirikan tenda kalau g salah ada sekitar 100 orang berada disitu karena mereka (rombongan dari Jakarta katanyayang jaga) sedang ngadai acara pentas musik. (keren Coy ada musik di t4 yg sangat sunyi + ceweknya tinggal pilih tp kl da yg mau.hehe..) Kembali ke jalan yg benar, Setalah Habis Isya'  (pukul 19.30) kami lanjut mulai pendakian ke puncak. Eh sebelum naik motor kami titipkan di parkiran yang berada di Lapangan Sepak Bola, disana udah ada yang jaga dan Alhamdulillah pada waktu kami safety atau aman.

Lapangan Desa Sembungan, Gunung Sikunir, Dieng
Lap. Desa Sembungan
Pendakian kami mulai, kata yang jaga pendakian cuma sebentar tidak sampai 30 menit, namun bagi kami perjalanan memakan waktu 45 menit - 1jam (untuk pemula sangat cocok), maklum lagi Newbie gan's. hehehe.. setelah perjalanan kami lalui sekitar 1jam Alhamdulillah  akhirnya kami sampai di Puncak Gunung Sikunir dan langsung melihat pemandangan suasana malam kota2 yang bearada dibawah Subhanalloh indah banget (sifat alay,katrok dan deso muncul.hehe) selain itu ternyata disana banyak teman2 yang sudah pada ngecam, ada yang dari Mahasiswa Semarang dan juga dari Pasangan sedang HoneyMoon dari daerah Wonosobo (asyiknya,,jadi Inspirasi buat saya, sapa tau bisa ikutan bsk..hahahha). malam semakin larut dan kami bergegas mendirikan tenda (kagak tahan dinginnya.. hehehe).

Telaga Cebong, Gunung Sikunir, Desa Sembungan, Dieng

Setelah beberapa waktu akhirnya selesai mendirikan tenda, dan kami segera memasak Kentang rebus yang dikasih sama warga Desa Sembungan yang sangat ramah, (disini gan ceritanya). setelah kentang rebus kami lanjut membuat kopi dan mie rebus karena kelaparan dan menghangatkan tubuh.

Setelah malam kami lewati akhirnya Pagi menyambut kami dengan desahan angin dingin yang cukup menyegarkan dibarengi dengan Cahaya kekuning-kuningan atau mereka sebut Golden Sunrise akhirnya mulai tampak. Subhanalloh keren dan sangat membuat kami kagum dan semakin percaya dengan Kebesaran Alloh SWtT. Alhamdulillah Cuacanya cerah dan tidak berkabut (cek difoto2nya yang jelek) setelah itu kami pun segera berputar2, melihat Golden Sunrise yang baru pertama kali liat.

Puncak Gunung Sikunir, Gunung, Gunung Sikunir, Dieng
Gunung Sikunir Berawan
Golden Sunrise, Gunung Sikunir, Foto Gunung Sikunir, Dieng
Foto Golden Sunrise

Sampai disini dulu Gan's ceritanya semoga bisa membantu teman2 yang mau berkunjung dan berpetualang ke Gunung Sikunir. Terima Kasih dan Salam dari saya SAVE OUR EARTH (karena disana tempatnya bersih)...