Pengikut

Tips Backpaker Ke Gunung Bromo dari Jogja

Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Tips Backpaker Ke Gunung Bromo dari Jogja - Sebelum berangkat alangkah baiknya berdoa dulu dan setelah itu cek-cok kantong apakah bolong atau mampet.hehe..  ini ada sedikit oleh-oleh buat temen-teman yang ingin jalan-jalan melelahkan badan dan kaki ke Gunung Bromo. (Indah Banget pokoknya..bakal rugi kalau kesana, rugi kalau kagak ada fotonya). Bromo bisa kita tempuh dari kota Prbolinggo dan kota malang, 

Tiket Kereta Logawa Jurusan Probolinggo
Bromo via Probolinggo
Di stasiun lempuyangan beli tiket jurusan stasiun probolinggo, dari Jogja langsung saja naik kereta Logawa Ekonomi atau Sri tanjung ekonomi, harga tiket sekitar 36.000 (jaman saya dulu) saya sarankan untuk beli tiket jauh - jauh hari sekitar 2minggu atau lebih sebelum keberangkatan, karena sistem tiket sekarang bisa boking 90 hari sebelum keberangkatan dan mungkin temen-temen juga sudah tahu. Kereta sri tanjung berangkat pagi sekitar pukul 06.00 WIB dan Logawa berangkat sekitar pukul 9.15 WIB, tinggal pilih sesuai kemampuan bangunnya. haa...!

Stasiun Probolinggo

Perjalanan menuju Stasiun Probolinggo kurang lebih membutuhkan waktu 11 Jam, (dulu berangkat pukul 09.30 sampai di St.probolonggo pukul 20.00 WIB). Sampai di probolinggo lanjut naik angkot dalam kota berwarna kuning (jangan inget boker Bro...hahaa) tujuan ke Terminal Bumi Ayu biaya dulu 2.500,00 kalau sekarang naik yaa tidak sampai 1juta, perjalanan kurang lebih 15 menit untuk sampai di terminal.

Setelah sampai di terminal langsung saja berjalan ke luar terminal dan di sebelah terminal ada kendaraan jurusan ke Cemara lawang, kendaraannya namanya Bison bukan bajaj. biasanya bison berjalan kalau oenumpang sudah sekitar 10 orang, jadi bersabarlah kalau penumpang baru anda sendiri.haaa...! biaya kendaraan Bison ini 25.000 (dulu 2011) dan perjalanan ke Cemara lawang kurang lebih 1,5 - 2 jam agak dingin pula.

Jeep Bromo

Sampai di Cemara lawang akan banyak jeep yang tersedia tinggal pilih sesuai kemampuan, biaya dulu 300.000 per jeep isi 6 orang. Dan dengan jeep tersebut pengunjung akan diantarkan ke Penanjakan yang akan berangkat jam 03.30 Pagi, (itu juga sesuai jadwal keberangkatan anda) setelah di penanjakan langsung akan diantarkan menuju kawah bromo atau gunung bromo, jeep akan berhenti di pasdang pasir. Setelah itu akan kembali diantarkan menuju Cemara lawang. Untuk turun ke Probolinggo juga menggunakan kendaraan Bison. (Sedikit info saja, jika ingin menikmati Sunrise maka datanglah sampai di Cemara lawang sore hari atau malam hari).

Bromo via Malang.
Dari stasiun lempunyangan beli tiket kereta Logawa atau Sri tanjung namun yang lebih enak beli tiket Malioboro Express tapi agak mahal bro. Kalau naik kereta malioboro express maka akan langsung turun di st.malang kota.

Nah, untuk yang suka neko-neko (hemat) atau suka mencoba, maka naiklah kereta Logawa atau sri tanjung. Jika menggunakan kereta ini maka ambil jurusan bangil atau surabaya. setelah turun di stasiun bangil atau stasiun wonokromo (surabaya) langsung saja beli tiket kereta Penataran jurusan Malang harga tiket 4.500. Perjalanan kereta dari stasiun bangil ke stasiun malang kota kurang lebih 2 jam. Tiket terakhir menuju malang dengan kereta Penataran ini adalah jam 20.00 WIB.

Setelah sampai di Stasiun malang Kota langsung saja Narsis sebentar lanjut nyari angkot warna biru dalam kora jurusan Tumpang. (kode angkot beda-beda). Sampai di tumpang biasanya berhenti di depan *lfamart sudah banyak jeep yang tersedia, akan ditanya mau ke Gunung Semeru atau Bromo. biaya jeep ke semeru 40/orang dan untuk ke bromo tidak jauh beda.

Panorama Gunung Bromo dari Penanjakan

Cuma itu saja dari saya, banyak kata-kata benarnya dan lebihnya saya minta maaf yaak(cuma bercandaaaaa yaaa), Semoga membantu atau bermanfaat buat sobat-sobat atau mas/mbak bro yang suka backpacker dan yang iseng-iseng jalan-jalan. Travel Is My Life!

4 comments:

  1. Bromo Tanjung Pondok Tani
    Memperkenalkan " Kawasan Tengger-Bromo" dari segala aspek, menginap di pondok tani tanjung-tosari, cukup membayar dng sukarela “tanpa tarif” (khusus untuk rombongan)
    * rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung (BTPT) KM 99 (Baledono-Tosari)
    @.kamar los + 2 km mandi luar, dapur, teras serba guna, kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukkan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian.
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.150.000,- /malam
    # untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello Mas Mbak, apakah harga hotel berubah sampai tanggal 22 juli 2016? Makasih

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. makasih mas atas tipsnya ke gunung bromo :)


    Dieng Tour

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...