Pengikut

Gunung Perahu Dieng Yang Terselip

Gunung Perahu, Dieng, Puncak Gunung Perahu
Gunung Perahu Di Kala Cerah
Dengan membaca Bismillah, kami pada hari sabtu siang berangkat dari Jogja ke Dieng dengan penuh keceriaan, tujuan utama yang kami tuju adalah Gunung Perahu yang terletak di Daratan Tinggi Dieng Jawa Tengah. Sebelumnya kami juga masih asing terhadap Gunung tersebut namun berkat tekad dan kemauan untuk tau kami lekas bergegas dan tak terpikir oleh kami bagaimana nanti sampai disana ketika mencari dimana stand atau tempat pendakian Gunung Perahu Dieng (prau).

Sore hari akhirnya sampai di Dieng dan lanjut kami bertanya kepada warga disana dimana Pos Pendakian Gunung Perahu, namun warga dan tukang ojek disana kurang tau dan menyarankan kami untuk mendaki ke Gunung Sikunir. Dari pada keburu malam akhirnya kami langsung saja menuju Gunung Sikunir yang terletak kira2 7km dari Kecamatan Kejajar dan langsung saja kami mendaki gunung tersebut. akhirnya pagi pun tiba dan kami langsung turun dan ingin langsung menaiki Gunung Perahu yang kami harap2kan dari rumah. Setelah perjalanan kurang lebih 45 menit kami akhirnya mendapatkan tempat penitipan sepeda motor yaitu disalah satu rumah warga yang letaknya dibawah SMP 2 Negeri Kejajar

Bukit Teletubies, Gunung Perahu, Dieng,
Foto Bukit Teletubies di Puncak Gunung Perahu

Bukit Teletubies, Gunung Perahu, Dieng, Telaga Warna
Foto Telaga Warna dari Puncak G.Perahu

Foto diambil dari Pos 2 G. Perahu

Puncak Gunung Perahu Berkabut

Jalur atau rute pendakian kami mulai di SMP 2 Negeri Kejajar bukan lewat Banteng, karena jika lewat Banteng waktu tempuh sedikit bertambah sekitar 30menit. Kami mulai mendaki hari Minggu pukul 11.00 WIB dan sekitar 30 menit berjalan kami sampai di Pos 1, setelah cukup istirahat kami langsung meneruskan perjalanan dan sekitar pukul 12.15 WIB kami sampai di POS 2 yaitu terdapat sebuah tugu kecil perbatasan.

Perjalanan kami lanjutkan dan Pukul 13.10 WIB kami sampai di Tower yang kira2 15 menit lagi akan sampai di puncak Gunung Perahu. Setelah 15 menit kami berjalan akhirnya kami sampai di Puncak Gunung Perahu dan Alhamdulillahnya lagi, cuaca di Puncak dalam keadaan berawan atau berkabut, jadi pemandagan yang kami harap2kan agaknya tidak tercapai. setelah beberapa menit istirahat akhirnya air hujan turun dan membasahi tubuh kami,, lengkap sudah perjalanan kami sampai di atas Gunung Perahu. Gunung2 seperti Gunung Sumbing, Sindoro tidak tampak karena tertutupi awan, namun Telaga Warna alhamdulillah tampak dari atas.

Walaupun cuaca tidak bersahabat namun kami tetap bersyukur sudah dapat berkunjung ke gunung ini dan juga sudah dapat menyaksikan salah satu kebesaran Alloh SWT yang sangat Indah dan tak tertandingi. Salam SAVE OUR EARTH.