Pengikut

Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Gunung Merapi masih tampak lebih buming daripada Gunung Merbabu, akan tetapi ketinggian Gunung berapi yang terletak di Sleman Yogyakarta ini masih di bawah ketinggian Merbabu yaitu memiliki ketinggian 3.142 mdpl. Namun itu semua tak menjadi masalah yang berarti yang terpenting ialah pendakian dimulai. (time : 7-8 Dsember 2012)

Perjalanan Bascamp ke Pos 2
Setelah beristirahat sejenak dan melaksanakan sholat Isya', sekitar pukul 20.00 WIB pendakian kita mulai dengan beranggotakan 7 pasukan yang siap bertempur. Cuaca alhamdulillah sangat mendukung, terang dan banyak bintang. Perjalanan dari bascamp menuju makam atau jalan paling ujung dari desa membutuhkan sekitar 15menit, setelah itu mulailah trek tanah yang kita lalui.

Merbabu Map, Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Trek perjalanan menuju Pos 1 bayangan sedikit menguras keringat dengan tanjakan yang cukup panjang dengan sesekali mendapat bonus dengan jalan yang cukup landai. Melewati pipa - pipa yang sudah dipasang oleh warga sekitar membuat mudah mencari jalan. Setelah kurang lebih menempuh 1 jam perjalanan akhirnya sampai di pos 1 bayangan ditemani pemandangan malam hari kota magelang dan sekitar yang berkedip-kedip.

Lanjut perjalan menuju pos 2 trek cukup dengan tanjakan yang sering panjang, tapi masih tampak pipa-pipa air. Sekitar pukul 22.30 WIB akhirnya sampai di Pos 2 dan langsung bertemu dengan teman pendaki lain yang sudah mendirikan tenda duluan. Setelah cukup istirahat tenda segera kami dirikan dan lanjut istirahat untuk menyiapkan pendakian pagi buta nanti.

Perjalanan Pos 2 ke Puncak Merbabu
Sekitar Pukul 03.30 WIB pendakian menuju puncak kami mulai, udara cukup dingin dengan angin yang sudah mulai terasa. Pagi itu tampaknya kurang bersahabat bagi kami, kabut dan angin yang sangat kencang mengelilingi perjalanan kami yang saat itu kami baru sampai di tugu perbatasan yaitu sekitar pukul 06.00 WIB. setelah beristirahat sebentar pendakian masih tetap ditemani angin kencang dan kabut dan sekitar pukul 07.00 kami sampai di pertigaan setelah Jembatan Setan yaitu jika ke kiri ke puncak Surip dan ke kanan ke puncak Kenteng Songo

Perjalanan dilanjutkan untuk menuju puncak tertinggi di Kenteng Songo, kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit mulai dari pertigaan untuk sampai ke puncak yang jaraknya masih 0,7 km. Akhirnya setelah melakukan pendakian kurang lebih 4 jam dari pos 2 Alhamdulillah sampai di Puncak tertinggi merbabu yaitu Kenteng Songo. Setelah melewati trek yang cukup curam dengan batu-batu. Buat para pendaki trek seperti ini tidaklah menjadi masalah yang cukup serius karena pasti teman-teman sudah lebih berpengalaman.

Kawah gunung merbabu

Puncak Kentheng Songo Merbabu

Bertemu dengan kelompok pendaki lain membuat kami sangat senang dengan saling berbagi cerita dan saling adu narsis. Namun cuaca masih cukup kurang bersahabat walaupun tidak diguyur hujan, angin dan kabut tebal masih tetap menyelimuti puncak Merbabu.

Perjalanan turun dari Puncak Merbabu ke Pos 2
Setelah istirahat dan makan kurang lebih 3 jam, kami langsung bergegas turun, waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB dan kurang lebih kami membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di Pos 2 (lari+jalan). Bongkar tenda dan istirahat perjalanan menuju Bascamp kami lanjutkan.

Trek Pendakian Gunung Merbabu

Panorama Pendakian Gunung Merbabu

Pukul 13.00 WIB perjalanan turun dan sekitar pukul 14.30 Akhirnya kami sampai di bascamp Wekas. Alhamdulillah cuaca tidak hujan dan dapat sampai dengan selamat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...