Pengikut

Pendakian Asyik Gunung Lawu Rute Cemoro Sewu


Pos pendakian gunung lawu cemoro sewu


Cemoro Sewu Magetan Jawa timur

Pendakian gunung lawu dengan ketinggian 3269 mdpl dimulai dari basecamp Cemoro sewu yang terletak di Magetan Jawa Timur selisih 400 m dari basecamp cemoro kandang yang terletak di provinsi jawa tengah. Pendakian gunung lawu akan melalui trek bebatuan.

Bescamp Cemoro Sewu – Pos 1
Untuk mencapai Pos1 dibutuhkan waktu kurang lebih 1jam perjalanan. Melewati trek batu yang sudah ditata cukup rapi dan persawahan warga serta melewati hutan pinus dan hutan akasia. Trek menuju pos 1 ini cukup landai dan cukup ringan. Banyak terdapat shelter dan lahan kosong yang dapat dipergunakan untuk nge-camp.

Trek Pos 1 gunung lawu
trek menuju pos 1

Warung pos 1 gunung lawu
Warung di pos1

Pos 1 – Pos 2
Sebelum melanjutkan perjalanan menuju pos 2, lebih enak menyantap dulu makanan dan gorengan di warung pos 1, karena di pos 1 ini terdapat warung yang menyediakan minuman dan makanan. (Super sekali). Menurut saya inilah trek yang paling jauh diantara trek lain dalam pendakian gununglawu, kurang lebih membutuhkan waktu 2 – 2,5 jam untuk sampai di pos 2. Trek ini akan melewati batu-batu besar dan tanjakan yang cukup lumayan namun masih terdapat sedikit bonus. Dan menurut saya pos 2 ini adalah pos terkumuh yang saya liat, karena di pos ini banyak sampah yang ditinggal oleh orang yang tak bertanggung jawab. (awal Februari 2013)

Pos 2 – pos 3
Menuju pos 3 akan dihadapkan pada trek yang sudah mulai menanjak dengan trek tetap bebatuan dan mulai berliku, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 – 1,5 jam untuk sampai pos 3. Sampai di pos 3 masuh terdapat shelter untuk beristirahat para pendaki.

Pos 3 – Pos 4
Di perjalanan menuju pos 4 ini pendaki akan mulai merasakan bau belerang yang berasal dari kawah. Trek menuju pos 4 menurut saya adalah trek yang cukup berat karena sudah sangat menanjak dan berliku dengan bebatuan yang cukup rapi. Namun ditrek ini terdapat besi pembatas yang dapat melindungi pendaki dari jurang-jurang. Dibutuhkan waktu kurang lebih 1jam perjalanan untuk sampai di pos 4.

Trek pos 4 gunung lawu

Trek pos 5 gunung lawu

Trek pos 5 gunung lawu

Pos 4 – Pos 5
Trek menuju pos 5 masih berupa tanjakan namun diselingi oleh jalan yang landai, dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di pos 5. Pemandangan di sekitar pos 5 cukup indah dengan jurang berada disebelah kanan.

Pos 5 – Sendang Drajat
Dibutuhkan waktu kuran lebih 15 menit untuk sampai di tempat yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar para pendaki. Karena di tempat ini banyak sumber air yang melimpah dan adanya warung yang buka setiap hari. Jadi tak perlu khawatir kelaparan bagi para pendaki yang tidak membawa bekal. Warung mbok tho kalau tidak salah namanya. Diwarung tersebut pendaki juga dapat numpang menginap dan gratis. Tapi kalau makannya ya bayar.ha ha
Warung mbok tho (sendang drajat) gunung lawu
Warung mbok tho (sendang drajat)

Menu makan di warung mbok tho
Menu makan di warung mbok tho

Sendang Drajat – Puncak Hargo dumilah
Puncak Hargo dumilah  adalah puncak tertinggi dari gunung lawu daripada 2 puncak lain yang berada di sekitar puncak hargo dumilah. Sebagian pendaki melakukan summit sekitar pukul 4.00 – 4.30 WIB untuk mendapatkan Sunrise yang menyegarkan. Perjalanan menuju puncak Hardo dumilah membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan trek tanjakan dan longsoran. Sebelum sampai di puncak tertinggi Gunung lawu ini kita akan menemui banyak pendaki yang nge-camp di sebelum puncak hargo Dumilah mungkin hanya sekitar 2-3 menit sebelum puncak.

trek menuju puncak lawu dini hari

trek menuju puncak gunung  lawu
trek menuju puncak gunung  lawu 

Indahnya sunrise di puncak gunung lawu

Selain di puncak hargo dumilah masih terdapat 2 puncak yang dapat pendaki kunjungi, dan masih juga terdapat warung Mbok Yem yang biasanya sangat ramai dikunjungi oleh para pendaki. Butuh waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai ke warung mbok yem dari warung mbok to (anak dari mbok yem).
Indahnya sunrise di puncak Hargo dhumilah gunung lawu
Negeri di atas awan puncak hargo dumilah

Indahnya sunrise di puncak Hargo dumilah gunung lawu

Sunrise Puncak gunung lawu
Sunrise Puncak gunung lawu

Nikmati perjalanan kalian dan rasakan kenikmatan dapat menyatu dengan alam, tanpa rasa sombong dan berbangga diri. salam lestari & Kebersihan Alam adalh milik kita bersama. Travel Is My Life

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...