Pengikut

Candi Borobudur Megah & Wonderful

Candi Borobudur

Siapa Hayo yang belum pernah berkunjung ke Candi Borobudur atau Borobudur Temple? coba angkat tangan ("-^). Candi Super Megah dan Istimewa ini terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kota Magelang, tak salah jika Kota Magelang memiliki motto Magelang Gemilang karena di dalam kota tersebut memang banyak memiliki tempat wisata maupun rekreasi yang cukup istimewa dan salah satunya Candi Borobudur. Bagaimana tidak istimewa, candi ini sudah termasuk dalam World Wonder Heritages Lho, Keren kan!

Candi Borobudur, Borobudur Temple

Candi Borobudur, Borobudur Temple

Letak lebih detail dari Candi super megah dan spektakuler ini yaitu sebelah selatan dari pusat kota Magelang kurang lebih berjarak 8 km atau kalau dari Yogyakarta terletak di barat daya yang kurang lebih jaraknya 42 km, lumayan menemuh perjalanan yang cukup memakan waktu. Menurut sejarah candi Borobudur dibangun oleh Raja Mataram Kuno bernama Samaratungga dari dinasti Syailendra pada sekitar tahun 824 Masehi, WoW sudah lama sekali yak! belum lahir yak kita.

Candi Borobudur, Borobudur Temple

Pengunjung Candi Borobudur pasti akan sangat merasa penasaran dan terkagum - kagum dengan bentuk bangunan yang terdiri dari beberapa tingkatan yang cukup tinggi kalau tidak salah ada 10 tingkatan dengan tinggi 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi, selain itu candi ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di setiap kompleksnya Setiap tingkatan dari candi ini ternyata memiliki arti atau penggambaran masing - masing. Bagian paling bawah atau dasar Candi Budha ini disebut Kamadhatu yaitu memiliki arti manusia yang masih terikat nafsu. Selanjutnya, 4 tingkat di atasnya disebut Rupadhatu yaitu memiliki arti manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk dan tingkatan tertinggi yaitu Arupadhatu. Masing - masing tingkatan ini juga terdapat relief arca yang ceritanya sesuai dengan tingkatannya atau Ssesuai dengan Mahzab Budha Mahayana. Jika anda bisa membaca pelambangan dari relief yang ada disetiap tingkatan pasti ini akan sangat menarik dan berkesan rasanya. Pintar dan pandainya orang kerajaan dahulu ternyata membawa sejarah dan cerita yang menarik untuk masa sekarang. 

Candi Borobudur, Borobudur Temple

Candi Borobudur, Borobudur Temple


Candi Borobudur, Borobudur Temple

Candi Borobudur, Borobudur Temple


Candi Borobudur, Borobudur Temple

Selain dari cerita di atas, masih ada hal lain yang lebih menarik yaitu sekarang pengunjung yang ingin menaiki candi ini dipersilahkan untuk memakai sarung yang bermotif batik. hal ini membuat keindahan Candi Borobudur semakin lengkap. Untuk biaya masuk ke candi dipajang tarif Rp 30.000 setiap person untuk wisatan lokal tapi kalau untuk turis atau wisatawan Internasional kurang tau pasti lebih mahal. Tiket seharga segitu akan terasa sangat tidak pantas jika anda sudah sampai di atas melihat pemandangan disekitar Candi yaitu tampak bukit-bukit dan penorama alam sekitar yang masih asri. 

Candi Borobudur, Borobudur Temple

Jika anda sudah puas berjalan - jalan mengelilingi candi cepatlah bergegas turun dan mencoba menaiki kereta yang nantinya pengunjung akan diajak berkeliling memutari candi. Setelah anda puas naik kereta masih ada lagi tempat yang wajib harus dikunjungi, yaitu pergi ke Kandang Gajah yaitu terletak di bagian barat daya, jadi jika anda sudah turun dari candi anda berjalan ke arah kiri nanti anda akan menemukan kandang Gajah, dan lebih kerennya lagi ternyata gajah-gajah tersebut dapat disewa untuk berjalan - jalan di sekitar candi Borobudur, kalau untuk tarifnya tampaknya agak mahal namun harga bukan menjadi masalah jika anda ingin merasakan sensasi bagaimana dapat menaiki gajah sambil berjalan - jalan. Yang terpenting nikamti perjalanan atau wisata anda dengan hati yang riang dan cobalah semua hal yang belum pernah anda lakukan. Travel Is My Life!

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...